Fenomena Kotak Kosong dan Gagal Paham Demokrasi

Di tulis Oleh : Jembar Aktivis PERAK (Persatuan Rakyat)

Di terima Redaksi

Demokrasi bagian hak seseorang tentang kebebasan menyampaikan aspirasi,gagasan dan ide sesuai mekanise hukum positif yakni diatur dalam Undang-Undang dan Konstitusi Republik Indonesia.

Perkembangan di era reformis ini, demokrasi sudah cukup di usia dewasa memasuki 18 tahun. Maka bagi yang gagal paham tentang demokrasi, bangsa ini harus belajar lebih cerdas.

Terkait Pesta demokrasi yang akan digelar di tingkat daerah disebut Pilkada (Pemilu Kepala Daerah) tahun 2018 ini. Saya mencermati khususnya bagi Paslon tunggal, meskipun secara yuridis tidak ada aturan yang dilanggar. Namun di lihat dari sisi demokrasi telah terjadi kemunduran dan bahkan memasuki paradoks salah satu sistem Negara demokrasi terbesar di dunia.

Pendapat saya pertama, Undang-Undang  No.10 Tahun 2016 tentang Pemilukada, harus segara di revisi karena bertentangan ihwal demokrasi adanya calon tunggal. Demikian ini tidak memberi pembelajaran bagi rakyat Indonesia

 Kedua, partai politik tidak mampu memberikan yang terbaik bagi para kader partai untuk tampil dalam kontestasi perhelatan perpolitikan di Indonesia khususnya Provinsi Banten. Karena tidak mampu mengusung kader partainya tampil di Pemilukda

Ketiga, Hak rakyat dalam berpolitik yakni memilih, merupakan kedaulatan yang tidak bisa disama ratakan. Karena banyak hal kepuasan akan kinerja partai maupun pemerintahan.

Yahhh, seperti kutipan di awal paragraf.maka  demokrasi dalam perspektif luas ialah sistem kekuasan ada di tangan rakyat bukan yang lain. Kalau demokrasi dianggap salah, hanya orang gak punya ras memiliki tentang demokrasi.

Memilih atau dipilih merupakan hak rakyat. Sebaliknya bukan dijadikan olokan dalam perbedaan antara cerdas dan gagal paham. Kontestasi calon tunggal jelas bertentangan dengan demokrasi, maka pilihan kotak kosong pilihan rakyat. Harga mati yang mengerti yang tidak paham belajar lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *