Mimpi Yang Nyata, Sudirman di Usung Jadi Pemimpin Desa Jatimulya

KAB TANGERANG, (mediamurba.com) – Demi wujudkan Desa Jatimulya Kecamatan Kosambi menuju perubahan yang maju, mayoritas masyarakat warga desa ini menyokong sosok pemuda memiliki kapabilitas, energik dan jejak rekam jauh dari kata buruk untuk jadi Kepala Desa Jatimulya periode 2019-2024.

Ialah bernama Sudirman, asli putra daerah yang hatam kultur budaya warga Desa Jatimulya. Memiliki title S.IP (Sarjana Ilmu Pemerintahan) dianggap melengkapi matangnya untuk membangun desa.

Bang Dimang panggilan akrabnya ini menuturkan bahwa sudah saatnya Desa Jatimulya maju segala bidang. Dengan potensi sumber daya begitu besar di desa ini mustahil tidak berhasil, terkecuali kata Dimang, pemimpin desa nya mengajarkan korupsi serta apatis terhadap sesama.

“sudah saatnya desa kita maju, maju sumber daya manusia nya, maju infrastruknya dan maju nya nilai gotong royong. Saya yakin itu berhasil dengan di percayai nya saya oleh hampir seluruh warga desa untuk menjadi pemimpin desa,” ujar Bang Dimang kepada redaksi, Sabtu (22/6).

Sementara itu, Herman salah seorang warga desa mengungkapkan bahwa selama ini memimpikan sosok kepala desa yang bekerja sepenuh jiwa raga nya membangun desa.

Jauh dari kalimat prestasi dan kebanggaan dikatakan Herman meski dirasa pahit olehnya, sumber APBDes kurang dimanfaat oleh pemerintahaan desa.

“masih saya berprasangka baik itu mungkin disebabkan faktor SDM di internal, yang menjadikan salah sasaran menggunakan dana APBDes,” kata Herman saat di wawancari awak media.

Lanjut Herman, namun mimpi itu akan terwujud jika sosok Sudirman memegang jabatan sebagai Kepala Desa Jatimulya. Ia mengaku mengenal betul dengan Bang Dimang, kepiawayannya menyelesaikan masalah dan sangat merangkul semua golongan.

“Desa Jatimulya butuh sosok Bang Dimang dalam memimpin desa, dia mimpi yang nyata,” ujar dia.

Paparan Visi Misi & Progam Kerja

Visi :
Melayani Masyarakat Desa Jatimulya Secara Menyeluruh Demi terwujudnya Desa Jatimulya YANG MAJU. MANDIRI. SEHAT. SEJAHTERA Dan RELIGIE

MAJU : Masyarakat yg mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,agar setara dengan Desa yg lainya dan tidak tertinggal dengan desa – desa lain
MANDIRI : masyarakat yg mampu mewujudkan kehidupan yang mengandalkan pada kekuatan dan kemampuan sendiri.
SEHAT : masyarakat yang mampu mewujudkan kondisi sehat lahir dan batin.
SEJAHTERA : Masyarakat yang tercukupi kebutuhan pokok ( Sandang, pangan, papan)

Misi :

Mengoptimalkan kinerja perangkat desa secara maksimal sesuai tugas pokok dan fungsi perangkat desa demi tercapainya pelayanan yang baik bagi masyarakat.

Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat.
Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat Desa Jatimulya dengan melibatkan secara langsung masyarakat Dalam berbagai bentuk kegiatan.

Melaksanakan kegiatan pembangunan yang Jujur, Baik, teransparan dan Dapat di pertanggung Jawabkan.

Meningkatan Kapasitas Kelembagaan yang ada di Desa Jatimulya.

Progam Kerja

  1. Mengoptimalkan kinerja perangkat desa secara maksimal sesuai tugas pokok dan fungsi perangkat desa demi tercapainya pelayanan yang baik bagi masyarakat.
  • menyelenggarakan pemerintahan Desa yang teransparan,bertanggung jawab dan tidak menyalahi peraturan perundang – undangan yang berlaku tentang penyelanggaraan pemerintahan Desa,Serta meningkatkan pelayanan Kinerja perangkat Desa dalam melayani kebutuhan masyarakat.
  • Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Desa Jatimulya.
  • mendorong masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat dan mengoptimalkan serta melakukan pendampingan peran kader Pos Yandu Balita dan Lansia agar tercapai kesehatan masyarakat secara Lahir Batin dan melakukan upaya kerja sama dengan pihak-pihak terkait Lainya.
  1. Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat Desa Jatimulya dengan melibatkan secara langsung masyarakat Desa Jatimulya dalam berbagai bentuk kegiatan.
  • a. meneruskan pembangunan infrastruktur Khususnya Jalan untuk meningkatkan perekonomian warga/masyarakat Desa Jatimulya
  • b. Mengusahakan bedah rumah bagi warga yang tidak mampu.
  • c. Membantu menjembatani kepentingan masyarakat, akan kepastian Hukum Hak Kepemilikan Tanah, Melalui program pemerintah yaitu, pembuatan Sertifikat prona/ptsl.
  1. Melaksanakan kegiatan pembangunan yang Jujur, baik, teransparan dan Dapat di pertanggung Jawabkan.
  • kami akan berupaya akan melibatkan seluruh masyarakat dan Lembaga masyarakat dalam proses perancanaan,pelaksanaan,Evaluasi dan pengawasan kegiatan pembangunan. dalam hal ini kami akan melibakan masyarakat sebagai pelaku dalam setiap tahapan pembangunan sehingga akan terciptanya pembangunan yang Jujur,Baik dan transparan serta dapat di pertanggung Jawabkan dan akan tepat sesuai dengan Sasaran.
  1. Meningkatan Kapasitas Kelembagaan yang ada di Desa Jatimulya.
  • Mengajak serta mampungsikan Lembaga – lembaga yang ada diDesa Jatimulya,Seperti PKK. Karang taruna.Gapoktan.PAUD.LPMD dan Lembaga lainya dalam rangka pemahaman tugas pokok dan fungsinya tuk dapat berperan aktif dalam kegiatan pembangunan serta dalam pemahaman Bahwa semua Elemen masyarakat mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam semua proses kegiatan pembangunan di Segala bidang.

Kesimpulan dari program Visi dan Misi adalah :

  1. visi misi dan program kerja lebih menitik beratkan pada peningkatan kapasitas sumber Daya manusia dan pemberdayaan sumber Daya Manusianya. Ketika sumber daya manusianya sudah lebih siap maka saya berharap program -program Kerja dan rencana – rencana pembangunan dalam segala bidang dapat tersusun dengan lebih baik dan pelaksanaanya dapat tepat sasaran,tepat guna dan dapat bermanfaat secara maksimal.
  2. bahwa semua program yang sy sampaikan tidak akan berhasil secara maksimal tanpa adanya Do’a Serta Dukungan Dari warga/ Masyarakat Desa Jatimulya.
  3. Dengan adanya keterbatasan kemampuan pemerintah Desa Jatimulya, untuk mewujudkan Visi Misi dan program kerja ini saya akan mengusulkan kepada pemerintah kabupaten/provinsi supaya program desa dapat terlaksanakan.

(REN/RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *